Kumpulan 10 Manfaat Terbaru Yang Belum Kamu Ketahui

10 Manfaat Pelayanan Prima Bagi Anggota Satpam

10 Manfaat pelayanan prima bagi anggota satpam – Dalam pembahasan ini admin akan berbagi sedikit pengertian tentang pelayanan prima bagi anggota satpam. Pelayanan prima ditrafsirkan terjemahan yaitu ”excellent service” yang secara harfiah berarti pelayanan terbaik atau paling baik. Disebut paling baik atau terbaik sebab sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dipunyai instansi pemberi pelayanan. Hakekat pelayanan publik ialah pemberian pelayanan prima untuk masyarakat yang adalahperwujudan keharusan aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat. Agenda perilaku pelayanan sektor publik mengaku bahwa pelayanan prima ialah :

10 Manfaat Pelayanan Prima Bagi Anggota Satpam

1. Pelayanan prima ada bilamana ada standar pelayanan.
2. Pelayanan prima bilamana melebihi standar atau sama dengan standar. Bahkan yang belum memperoleh standar pelayanan yang terbaik dapat diserahkan pelayanan yang mendekati apa yang dirasakan pelayanan standar dan pelayanan yang dilaksanakan secara maksimal.
3. Pelanggan ialah masyarakat dalam makna luas; masyarakat eksternal dan internal.
4. Pelayanan yang terbaik dari pemerintah untuk pelanggan atau pemakai jasa.
Sejalan dengan urusan tersebut pelayanan prima juga diinginkan dapat memotivasi pemberi layanan lain mengerjakan tugasnya dengan kompeten dan rajin. Pelayanan umum bisa diterjemahkan memproses pelayanan untuk customer / masyarakat, baik berupa barang atau jasa melewati tahapan, prosedur, persyaratan-persyaratan, masa-masa dan pembiayaan yang dilaksanakan secara transparan untuk menjangkau kepuasan sebagaimana visi yang telah diputuskan dalam organisasi.

10 Manfaat Pelayanan Prima bagi Anggota Satpam

Pelayanan Prima sebagaimana penuntutan pelayanan bertujuannya memuaskan pelanggan atau masyarakat membutuhkan persyaratan bahwa masing-masing pemberi layanan yang mempunyai kualitas kompetensi yang profesional, dengan begitu kualitas kompetensi profesionalisme menjadi sesuatu aspek urgen dan lumrah dalam masing-masing transaksi
Standar pelayanan adalahukuran yang sudah ditentukan sebagai sebuah pembakuan pelayanan yang baik. Standar pelayanan berisi baku bobot pelayanan. Pengertian bobot menurut keterangan dari Goetsch dan Davis merupakan situasi dinamis yang bersangkutan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang mengisi atau melebihi asa pihak yang menginginkannya.

Dalam teori pelayanan publik, pelayanan prima bisa diwujudkan andai ada standar pelayanan paling tidak (SPM). SPM ialah tolak ukur untuk dipergunakan sebagaimana pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan evaluasi kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari pelaksana negara untuk masyarakat untuk menyerahkan pelayanan yang berkualitas.

Dalam Rancangan Undang Undang Pelayanan Publik Republik Indonesia, standar pelayanan ini paling tidak-tidaknya mengandung tentang: dasar hukum, persyaratan, formalitas pelayanan, masa-masa penyelesaian, ongkos pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan, pemantauan intern, penanganan pengaduan, saran dan masukan dan garansi pelayanan.

Jika sebuah instansi belum mempunyai standar pelayanan, maka pelayanan dinamakan prima andai mampu memuaskan pelanggan atau cocok harapan pelanggan. Instansi yang belum mempunyai standar pelayanan perlu merangkai standar pelayanan cocok tugas dan fungsinya supaya tingkat keprimaan pelayanan bisa diukur. Kepuasan masyarakat ini adalahsalah satu ukuran berbobot | berbobot | berkualitas atau tidaknya pelayanan publik yang diserahkan oleh aparat birokrasi pemerintah.

Bersandarkan pada SPM tersebut, seharusnya pelayanannya publik yang diserahkan (pelayanan prima) oleh birokrasi pemerintah mempunyai ciri sebagaimana dirumuskan dalam kepandaian strategis melewati Keputusan Menteri PAN mengenai Pedoman Umum Penyelenggaraaan Pelayanan Publik yang mencakup Waktu, Akurasi, Keamanan, Kesederhanaan, Kejelasan, Kepastian, Tanggung Jawab, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, Kemudahan Akses, Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan serta Kenyamanan. Inilah foto pelayanan publik keinginan setiap penduduk masyarakat Indonesia setelah timbulnya gerakan reformasi 1998.

10 Manfaat Pelayanan Prima bagi Anggota Satpam

Tujuan pelayanan prima ialah memberikan pelayanan yang dapat mengisi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan konsentrasi pelayanan untuk pelanggan. Pelayanan prima untuk sektor publik didasarkan yaitu aksioma mengatakan “pelayanan ialah pemberdayaan”. Pelayanan dari sektor bisnis berorientasi memperoleh, sementara pelayanan prima pada sektor publik bertujuan memenuhi keperluan masyarakat secara paling baik atau terbaik.

Perbaikan pelayanan sektor publik merupakan keperluan yang mendesak sebagai kunci keberhasilan reformasi administrasi negara. Pelayanan prima tujuannya memberdayakan masyarakat, bukan memperdayakan atau membebani, sampai-sampai akan meningkatkan keyakinan (trust) terhadap pemerintah. Kepercayaan ialah modal untuk kerjasama dan partisipasi masyarakat dalam program pembangunan.

Pelayanan prima bakal bermanfaat untuk upaya penambahan kualitas pelayanan pemerintah untuk masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan. Penyedia layanan, pelanggan atau stakeholder dalam pekerjaan pelayanan bakal mempunyai acuan mengenai bentuk, alasan, waktu, lokasi dan proses pelayanan yang seharusnya.

1. Tujuan pelayanan prima ialah memberikan pelayanan yang dapat mengisi dan memuaskan keperluan serta berfokus untuk pelanggan/masyarakat secara paling baik atau terbaik.

2. Pelayanan prima merupakan pekerjaan pelayanan yang dilakukan oleh pelaksana pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan keperluan penerima pelayanan maupun pelaksanaan peraturan peraturan perundang-undangan secara baik atau paling tidak sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditentukan.

3. Pelayanan prima bermanfaat untuk upaya penambahan kualitas pelayanan pemerintah untuk masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan.

10 Manfaat Pelayanan Prima bagi Anggota Satpam

Banyak anggota Satpam yang terlatih dan kawakan memberikan pelayanan yang berbobot atau berkualitas (Quality Services), namun tidak semua dapat memberikan pelayanan yang prima (Excellent Services). Pelayanan yang berbobot atau berkualitas (Quality Services) ialah pelayanan yang mengisi harapan pelanggan dan Pelayanan Prima (Excellent Services) ialah pelayanan yang melampaui/melebihi asa pelanggan, disini hati yang terlibat.
Jika bercita-cita mengemban pelayanan yang prima, maka anda harus melibatkan perasaan di dalam melaksanakannya. Untuk dapat memberikan Pelayanan Prima (Excellent Services), tidak lain ialah dengan menyerahkan pelayanan dengan sepenuh hati.

Terdapat sejumlah tahapan yang mesti dilewati oleh seorang anggota satpam diantaranya :

1. Satpam mesti tahu arti dari pekerjaannya.
2. Satpam mesti dapat melayani dengan dilandasi rasa keikhlasan.
3. Satpam mesti jatuh cinta pada profesinya.
4. Memiliki ketertarikan individu terhadap profesi Satpam.
5. Memiliki Emosi dari kasih sayang yang powerful terhadap profesinya, ia bakal menjungjung tinggi kebesaran satuan pengamanan.
6. Melakukan pengorbanan diri dalam makna lebih mengedepankan kepentingan tugas daripada kepentingan pribadi.
7. Berkegiatan aktif di dunia sekuriti.
8. Memiliki perhatian terhadap pertumbuhan dunia sekuriti.
9. Memiliki rasa Empati terhadap sesama anggota Satpam.
10. Menuruti, mengekor dan patuh pada Prinsip prinsip penuntun Satpam.
11. Mau mengerjakan apa yang menjadi peraturan didalam pengamalan tugas sekuriti.
12. Ikut menolong perkembangan dunia sekuriti.

Untuk menjadikan lokasi kerja menjadi sumber kebahagiaan, kita dapat memperbaiki hubungan engan 3 elemen urgen di lokasi kerja, yakni :

Atasan : Dalam membangun hubungan dengan atasan ialah kita mesti tahu dan faham betul apa yang diinginkakita dn oleh atasan kita. Keperluan dan keinginannya terpenuhi maka anda akan jauh dari omelan dan limpahan amarah.

Bawahan : Hargai bawahan, puji prestasinya, beri saat kita ada keunggulan dan posisikan diri anda setara tidak sombong/angkuh sebab pada dasarnya manusia tersebut setara, tanggungjawabnya saja yang berbeda.

Rekan kerja : Saling memuliakan dan tidak boleh berlebihan saat kita suka atau tidak suka terhadap seseorang, bersikaplah proporsional (sesuai dengan kadarnya).

Ketika anda mem-vonis diri saya ini miskin, saya ini orang kecil, saya ini tidak bisa, maka anda meng-aniyaya diri sendiri. Sikap, fikiran dan perasaan yang negative bakal memunculkan situasi yang negative pula.

Menerima suasana dan merasakan apa yang anda punya dan anda dapatkan ialah suatu format syukur, bukankan Allah akan meningkatkan nikmat bilamana kita mensyukuri rizki yang anda dapatkan?

Bersikaplah proporsional tidak boleh dimasukan kedalam hati saat klien, nasabah, tamu, atasan memarahi kita sebab suatu kejadian atau keadaan. Terima saja sebagai pembelajaran.

Jangan terlalu tidak sedikit berangan angan, bertolak belakang antara angan angan dengan rencana, rencana ialah langkah-langkah yang akan anda ambil guna mendapatkan apa yang anda inginkan, sementara angan-angan ialah impian ada duit sekarung jatuh dari langit.

Sifat iri dan dengki ialah penyakit yang bakal menggerogoti jiwa dan raga, jauhkan iri dan dengki dari fikiran kita. Setiap orang mempunyai porsi rizki yang berbeda-beda, itu ialah hak perogatif Penguasa Alam Semesta.

Baca Juga : 10 Manfaat Perkembangbiakan Generatif, Penjelasan Lengkap

Demikian tentang 10 manfaat pelayanan prima bagi anggota satpam, semoga dapat bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Manfaat Pelayanan Prima Bagi Anggota Satpam