10 Manfaat pelayanan prima bagi anggota satpam – Dalam pembahasan ini
admin akan berbagi sedikit pengertian tentang pelayanan prima bagi anggota satpam. Pelayanan prima ditrafsirkan terjemahan
yaitu ”excellent service” yang secara harfiah berarti pelayanan terbaik atau
paling baik. Disebut paling baik atau terbaik sebab sesuai dengan standar
pelayanan yang berlaku atau dipunyai instansi pemberi pelayanan. Hakekat
pelayanan publik ialah pemberian pelayanan prima untuk masyarakat yang
adalahperwujudan keharusan aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat. Agenda
perilaku pelayanan sektor publik mengaku bahwa pelayanan prima ialah :
1. Pelayanan prima ada bilamana ada standar pelayanan.
2. Pelayanan prima bilamana melebihi standar atau sama
dengan standar. Bahkan yang belum memperoleh standar pelayanan yang terbaik
dapat diserahkan pelayanan yang mendekati apa yang dirasakan pelayanan standar
dan pelayanan yang dilaksanakan secara maksimal.
3. Pelanggan ialah masyarakat dalam makna luas;
masyarakat eksternal dan internal.
4. Pelayanan yang terbaik dari pemerintah untuk pelanggan
atau pemakai jasa.
Sejalan dengan urusan tersebut pelayanan prima juga
diinginkan dapat memotivasi pemberi layanan lain mengerjakan tugasnya dengan
kompeten dan rajin. Pelayanan umum bisa diterjemahkan memproses pelayanan untuk
customer / masyarakat, baik berupa barang atau jasa melewati tahapan, prosedur,
persyaratan-persyaratan, masa-masa dan pembiayaan yang dilaksanakan secara
transparan untuk menjangkau kepuasan sebagaimana visi yang telah diputuskan
dalam organisasi.
10 Manfaat
Pelayanan Prima bagi Anggota Satpam
Pelayanan Prima sebagaimana penuntutan pelayanan bertujuannya
memuaskan pelanggan atau masyarakat membutuhkan persyaratan bahwa masing-masing
pemberi layanan yang mempunyai kualitas kompetensi yang profesional, dengan
begitu kualitas kompetensi profesionalisme menjadi sesuatu aspek urgen dan
lumrah dalam masing-masing transaksi
Standar pelayanan adalahukuran yang sudah ditentukan
sebagai sebuah pembakuan pelayanan yang baik. Standar pelayanan berisi baku
bobot pelayanan. Pengertian bobot menurut keterangan dari Goetsch dan Davis
merupakan situasi dinamis yang bersangkutan dengan produk, jasa, manusia,
proses dan lingkungan yang mengisi atau melebihi asa pihak yang
menginginkannya.
Dalam teori pelayanan publik, pelayanan prima bisa
diwujudkan andai ada standar pelayanan paling tidak (SPM). SPM ialah tolak ukur
untuk dipergunakan sebagaimana pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan
evaluasi kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari pelaksana negara
untuk masyarakat untuk menyerahkan pelayanan yang berkualitas.
Dalam Rancangan Undang Undang Pelayanan Publik Republik
Indonesia, standar pelayanan ini paling tidak-tidaknya mengandung tentang:
dasar hukum, persyaratan, formalitas pelayanan, masa-masa penyelesaian, ongkos
pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi
pelayanan, pemantauan intern, penanganan pengaduan, saran dan masukan dan
garansi pelayanan.
Jika sebuah instansi belum mempunyai standar pelayanan,
maka pelayanan dinamakan prima andai mampu memuaskan pelanggan atau cocok
harapan pelanggan. Instansi yang belum mempunyai standar pelayanan perlu
merangkai standar pelayanan cocok tugas dan fungsinya supaya tingkat keprimaan
pelayanan bisa diukur. Kepuasan masyarakat ini adalahsalah satu ukuran berbobot
| berbobot | berkualitas atau tidaknya pelayanan publik yang diserahkan oleh
aparat birokrasi pemerintah.
Bersandarkan pada SPM tersebut, seharusnya pelayanannya
publik yang diserahkan (pelayanan prima) oleh birokrasi pemerintah mempunyai
ciri sebagaimana dirumuskan dalam kepandaian strategis melewati Keputusan
Menteri PAN mengenai Pedoman Umum Penyelenggaraaan Pelayanan Publik yang
mencakup Waktu, Akurasi, Keamanan, Kesederhanaan, Kejelasan, Kepastian,
Tanggung Jawab, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, Kemudahan Akses, Kedisiplinan,
Kesopanan dan Keramahan serta Kenyamanan. Inilah foto pelayanan publik
keinginan setiap penduduk masyarakat Indonesia setelah timbulnya gerakan
reformasi 1998.
10 Manfaat
Pelayanan Prima bagi Anggota Satpam
Tujuan pelayanan prima ialah memberikan pelayanan yang
dapat mengisi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan
konsentrasi pelayanan untuk pelanggan. Pelayanan prima untuk sektor publik
didasarkan yaitu aksioma mengatakan “pelayanan ialah pemberdayaan”. Pelayanan dari
sektor bisnis berorientasi memperoleh, sementara pelayanan prima pada sektor
publik bertujuan memenuhi keperluan masyarakat secara paling baik atau terbaik.
Perbaikan pelayanan sektor publik merupakan keperluan
yang mendesak sebagai kunci keberhasilan reformasi administrasi negara.
Pelayanan prima tujuannya memberdayakan masyarakat, bukan memperdayakan atau
membebani, sampai-sampai akan meningkatkan keyakinan (trust) terhadap
pemerintah. Kepercayaan ialah modal untuk kerjasama dan partisipasi masyarakat
dalam program pembangunan.
Pelayanan prima bakal bermanfaat untuk upaya penambahan
kualitas pelayanan pemerintah untuk masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai
acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan. Penyedia layanan, pelanggan
atau stakeholder dalam pekerjaan pelayanan bakal mempunyai acuan mengenai
bentuk, alasan, waktu, lokasi dan proses pelayanan yang seharusnya.
1. Tujuan pelayanan prima ialah memberikan pelayanan yang
dapat mengisi dan memuaskan keperluan serta berfokus untuk pelanggan/masyarakat
secara paling baik atau terbaik.
2. Pelayanan prima merupakan pekerjaan pelayanan yang
dilakukan oleh pelaksana pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan keperluan
penerima pelayanan maupun pelaksanaan peraturan peraturan perundang-undangan
secara baik atau paling tidak sesuai dengan standar pelayanan yang sudah
ditentukan.
3. Pelayanan prima bermanfaat untuk upaya penambahan
kualitas pelayanan pemerintah untuk masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai
acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan.
10 Manfaat
Pelayanan Prima bagi Anggota Satpam
Jika bercita-cita mengemban pelayanan yang prima, maka
anda harus melibatkan perasaan di dalam melaksanakannya. Untuk dapat memberikan
Pelayanan Prima (Excellent Services), tidak lain ialah dengan menyerahkan
pelayanan dengan sepenuh hati.
Terdapat sejumlah tahapan yang mesti dilewati oleh
seorang anggota satpam diantaranya :
1. Satpam mesti tahu arti dari pekerjaannya.
2. Satpam mesti dapat melayani dengan dilandasi rasa
keikhlasan.
3. Satpam mesti jatuh cinta pada profesinya.
4. Memiliki ketertarikan individu terhadap profesi
Satpam.
5. Memiliki Emosi dari kasih sayang yang powerful
terhadap profesinya, ia bakal menjungjung tinggi kebesaran satuan pengamanan.
6. Melakukan pengorbanan diri dalam makna lebih
mengedepankan kepentingan tugas daripada kepentingan pribadi.
7. Berkegiatan aktif di dunia sekuriti.
8. Memiliki perhatian terhadap pertumbuhan dunia
sekuriti.
9. Memiliki rasa Empati terhadap sesama anggota Satpam.
10. Menuruti, mengekor dan patuh pada Prinsip prinsip
penuntun Satpam.
11. Mau mengerjakan apa yang menjadi peraturan didalam
pengamalan tugas sekuriti.
12. Ikut menolong perkembangan dunia sekuriti.
Untuk menjadikan lokasi kerja menjadi sumber kebahagiaan,
kita dapat memperbaiki hubungan engan 3 elemen urgen di lokasi kerja, yakni :
Atasan : Dalam membangun hubungan dengan atasan ialah
kita mesti tahu dan faham betul apa yang diinginkakita dn oleh atasan kita.
Keperluan dan keinginannya terpenuhi maka anda akan jauh dari omelan dan
limpahan amarah.
Bawahan : Hargai bawahan, puji prestasinya, beri saat
kita ada keunggulan dan posisikan diri anda setara tidak sombong/angkuh sebab
pada dasarnya manusia tersebut setara, tanggungjawabnya saja yang berbeda.
Rekan kerja : Saling memuliakan dan tidak boleh
berlebihan saat kita suka atau tidak suka terhadap seseorang, bersikaplah
proporsional (sesuai dengan kadarnya).
Ketika anda mem-vonis diri saya ini miskin, saya ini
orang kecil, saya ini tidak bisa, maka anda meng-aniyaya diri sendiri. Sikap,
fikiran dan perasaan yang negative bakal memunculkan situasi yang negative
pula.
Menerima suasana dan merasakan apa yang anda punya dan
anda dapatkan ialah suatu format syukur, bukankan Allah akan meningkatkan
nikmat bilamana kita mensyukuri rizki yang anda dapatkan?
Bersikaplah proporsional tidak boleh dimasukan kedalam
hati saat klien, nasabah, tamu, atasan memarahi kita sebab suatu kejadian atau
keadaan. Terima saja sebagai pembelajaran.
Jangan terlalu tidak sedikit berangan angan, bertolak
belakang antara angan angan dengan rencana, rencana ialah langkah-langkah yang
akan anda ambil guna mendapatkan apa yang anda inginkan, sementara angan-angan
ialah impian ada duit sekarung jatuh dari langit.
Sifat iri dan dengki ialah penyakit yang bakal
menggerogoti jiwa dan raga, jauhkan iri dan dengki dari fikiran kita. Setiap
orang mempunyai porsi rizki yang berbeda-beda, itu ialah hak perogatif Penguasa
Alam Semesta.
Baca Juga : 10 Manfaat Perkembangbiakan Generatif, Penjelasan Lengkap
Baca Juga : 10 Manfaat Perkembangbiakan Generatif, Penjelasan Lengkap
Demikian tentang 10 manfaat pelayanan prima bagi anggota satpam, semoga dapat bermanfaat,
terimakasih telah berkunjung, salam.